TOYOTA CALYA


Toyota Calya

Merek ini tentunya sudah banyak irang yang mengetahuinya, bukan hanya karean tampilannya yang menarik, tetapi lebih ke kualitasnya yang tak tangguh dan tak tertandingi. LCGC, inovasi teknologi yang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyrakat akan kebutuhan mobil dengan tingkat kepraktisan tinggi, serta pastinya dengan harga yang tidaklah terlalu mahal.



Desain

dimana bagian depan di lengkapi grille berukuran besar, yang secara garis besar hal itu sangat bermanfaat besar untuk pendinginan mesin, karena akan membantu pendinginan mesin menjadi jauh lebih cepat.

Sementara pada bagian tengah di atas bumper, terlihat jelas ada emblem khas mobil LCGC, hal itu memang harus digunakan oleh inovasi terbaru dari toyota ini agar dapat memenuhi standard regulasi yang dikeluarkan pemerintah kita sendiri Indonesia. Meski ada tambahan tersebut, tidaklah terlalu berpengaruh terhadap penampilannya, Kemudian untuk pencahayaan dirasa optimal, dikarenakan toyota sendiri melengkapinya dengan dua headlamp berbentuk besar dengan desain mirip yang digunakan oleh Avanza terbaru.

Adapun bagain sisi samping, desain yang digunakan oleh Toyota Calya ini mirip dengan apa yang digunakan oleh Datsun Go, tidak tinggi tapi memanjang ke belakang. Dimana hal ini menyesuaikan akan kapasitas angkut yang dimilikinya, disebutkan untuk kapasitas tersebut nantinya dapat di isi hingga maksimal 7 orang didalamnya. Lanjut ke bagian belakang, Calya comot model stop lamp yang terdapat di Innova, tetapi tidak sepenuhnya, karena bila kita melihat gambar, ukurannya lebih kecil ketimbang yang digunakan oleh innova.

Lantas menilik lebih detail lagi pada bagian belakang, tempat plat nomor yang digunakan oleh Calya mirip dengan apa yang ada pada toyota agya, Lalu untuk lekuk tubuhnya di bagian pintu bagasi ini, lebih terlihat sama dengan apa yang ada di toyota avanza,  hampir seluruh bagian tubuhnya mirip dengan mobil MPV milik toyota, termasuk dengan handle ke empat pintu yang dibawanya.



Mesin

Selanjutnya masuk ke sektor dapur pacu, dikatakan Toyota Calya ini bakal gunakan mesin yang sama dengan Etios Valco yakni Mesin tipe 3NR-FE, tapi dengan beberapa perubahan tentunya, karena harus menyesuaikan kapasitas kabin yang muat hingga 7 orang. Melalui mesin tersebut yang memiliki komposisi 1.2 Liter dengan teknologi Dual VVT-i, nantinya diperkirakan dapat menghasilkan power besar untuk membawa para penggunanya dalam sensasi berkendara yang lain dari pada mobil dikelasnya.


Sedangkan untuk transimsi yang digunakan, dirumorkan toyota calya hanya hadir transmisi otomatis, dan memiliki rasio kompresi dengan perbandingan 11,5 : 1. Dimana untuk akselerasi terasa begitu cepat plus mudah digunakan oleh siapapun. Mengenai pemakaian bahan bakar, berkat teknologi Dual VVT-i, pemakaian bahan bakar dapat lebih di tekan atau dapat di bilang irit, dan tentunya adanya teknologi demikian, membuatnya lebih ramah terhadap lingkungan, karena bahan bakar terbakar sempurna di dalam ruang mesin.

Selain tipe mesin 1.2L, toyota calya juga bakal di hadirkan dalam versi mesin dibawahnya, yaitu dengan diperkuat mesin 1KR-FE tipe 1.0L, nah di pilihan mesin kedua ini barulah Toyota akan melengkapinya dengan transmisi manual seperti pada toyota Agya. Dengan begitu, pengguna memiliki cukup pilihan untuk di sesuaikan kebutuhan dan pastinya budget, karena bila semakin kecil mesin yang digunakan, itu pasti harganya lebih terjangkau serta ramah kantong.

Fitur Keamanan dan Kenyamanan

Hadir sebagai mobil murah, bukan menjadi satu alasan bagi toyota untuk mengesampingkan aspek keamanan dan kenyamanan dari para penggunanya. Untuk seharunya pada mobil LCGC terbarunya yang mengusung nama Toyota Calya, pihak pengembang melengkapinya dengan fitur immobilizer untuk menghindarkan dari bahaya tangan jahat. Lalu ada Dual Arbags, agar para penggemudi dan penumpang di bagian depan memiliki antisipasi kemanan lebih ketika terjadi tumbukan atau kecelakaan dari bagian depan.

Tak lupa, harapan pada bagian interior soal kenyamanan, toyota melengkapinya dengan AC Double Blower, supaya suhu di dalam kabin tetap terjaga dari panasnya terik matahari ketika siang hari, sekaligus membuat udara tetap segar ketika berkendara dalam waktu lama. Kemudian di sisi hiburan, moga saja toyota berikan head unit yang dapat dikoneksikan dengan blutooth, sehingga dalam penggunaannya bisa langsung dikoneksikan bersama perangkat yang suport dengan konektifitas




Comments